Minggu, April 12, 2009

Internet Bagi Media Massa

Dewasa ini, internet bukanlah sebuah nama asing di telinga banyak orang. Bagi beberapa lapisan masyarakat, internet bahkan telah menjadi sebuah kebutuhan. Sebuah arena dimana orang-orang bisa melakukan banyak hal, apakah itu mencari informasi, berkomunikasi jarak jauh, mendengar musik, serta berbagai macam kegiatan lainnya.

Keunggulan internet di berbagai aspek komunikasi membuat media massa “mainstream” seperti radio, televisi, dan suratkabar menjadi tersaingi. Dengan mengakses internet, anda bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi sesuai yang anda inginkan hanya dengan satu perangkat komputer beserta modemnya. Bahkan internet sudah bisa diakses melalui benda yang dulunya hanya untuk bertelepon dan bertukar pesan, yaitu telepon genggam. Di berbagai tempat makan maupun tempat bersantai seperti cafĂ©, foodcourt, atau mall sekalipun telah terdapat layanan wi-fi yang memudahkan orang untuk mengakses jaringan tersebut.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan internet? Banyak orang masih bingung apakah benda ini bisa disebut media massa atau tidak. Internet merupakan sebuah jaringan yang saling dihubungkan dengan memakai media tertentu. Media untuk menghubungkan jaringan ini diantaranya, kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio sehingga komputer atau perangkat sejenisnya bisa saling berhubungan. Internet sendiri memenuhi beberapa syarat sebagai media massa, diantaranya:(1) Disebarkan kepada khalayak; (2) Jenis pesan bersifat umum walaupun ada beberapa situs bersegmen khusus; (3) Mengandung unsur pendidikan dan hiburan.

Beberapa fungsi internet yang mendukung keberadaannya sebagai media massa:

· Fungsi Komunikasi: Internet adalah alat komunikasi, kegunaan yang sangat penting dari internet adalah pertukaran pesan dengan menggunakan electronic mail (e-mail).

· Fungsi Resource Sharing: Dengan internet, kita dapat mencari software, essay, data dan program dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia.

· Fungsi Resource Discovery: Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang diantara jutaan host.

· Fungsi Komunitas: Internet dapat menyatukan beberapa orang menjadi sebuah kelompok tertentu.


Namun satu yang masih dipertanyakan banyak orang ialah mengenai pengkategorian media massa. Secara umum yang diketahui banyak orang hanya ada 2 jenis media massa, cetak dan elektronik. Sedangkan internet “memakai” sifat kedua media tersebut. Anda membaca teks, mendengar suara, melihat rekaman video, dan kesemuanya itu menggunakan listrik, atau untuk beberapa perangkat, anda dapat menggantinya dengan baterai (untuk laptop dan handphone). Sehingga untuk media yang baru ini, para ahli menyebutnya sebagai media online. Dalam bidang jurnalistik, internet sudah menjadi alat terkini dalam memasarkan berita, iklan, atau apapun yang patut diketahui orang banyak, walaupun internet belum mempunyai “kredibilitas” selayaknya media massa cetak atau elektronik.

Sebenarnya belum ada jawaban mutlak mengenai internet merupakan media massa atau tidak, semua punya jawaban sendiri-sendiri. Namun kita patut bersyukur akan kehadiran internet yang membuat segala sesuatunya semakin mudah di jaman “bermobilitas tinggi” setidaknya sampai sekarang ini.

Sumber: www.ekawenats.blogspot.com

www.library.ohiou.edu

www.gunheryanto.blogspot.com

www.yudhim.blogspot.com

www.adisumaryadi.web.id

www.namanyapa.blogspot.com

www.bella-pinkysweet.blogspot.com

5 komentar:

Ello Zahra mengatakan...

internet tentunya merupakan media masa (imo)..coz dilihat dari sudut marketing..berpromosi lewat internet dikategorikan murah dan dapat mengena di aspek2 yg mereka inginkan..
dan merpakan media yg palin bisa reachable ketika ingin mendapatkan berita yang update dengan kecanggihan d era informatika saat ini,,

*hahhaha so iyeh bgt si gw ngomennya..lol

ruth anasthasia mengatakan...

blog yang inovatif..
baru liat ada blog tentang kulinerrrrrr..
sukses !!

Journal Review mengatakan...

Komprehensif liputan kulinernya
pa lg harganya tercantum pula,,,
kenapa bikin blog kuliner?
kenapa gak buka warung makan aja kan lebih untung...!!!
sukses buat tugasnya...
jurnal satu, satu jurnal

Unknown mengatakan...

hmmmmm...
blog ini lumayan bagus..
karena isiny tentang kuliner yang pas banget di kantong anak kostan..hihihi..
infonya sudah cukup lengkap, hanya saja tempatnya masi kurang jelas...
saya berharap akan ada info kuliner yang lainnya, yang murah tapi kualitas tetap oke..

thank you..^.^

Anonim mengatakan...

parah laper bgt gw ngeliat blog lo berdua...hehe